Seni Ukiran Motif Kalimantan Tengah

 

Motif Ukiran Kalimantan Tengah

Motif ukiran Kalimantan Tengah adalah merupakan salah satu seni pahat ukir yang melambangkan kekayaan budaya Kalimantan Tengah. Kearifan lokal masyarakat Dayak dalam membuat motif dan pola yang kaya seni tersebut memiliki ciri khas tersendiri dalam seni ukirannya.

Biasanya ukiran tersebut dipahat atau digambarkan di Talawang atau semacam perisai yang berasal dari Kalimantan Tengah. Ukiran dalam talawang mempunyai nilai filosofi salah satunya sebagai simbol kewaspadaan dan antisipasi berbagai ancaman musuh saat berperang.

Suku Dayak merupakan masyarakat nan hayati di kalimantan, motif ukirannya pun sering mengambil bentuk alam, yaitu tumbuhan, satwa, serta berbagai simbol kepercayaan mereka. Mulai dari arsitektur interior – eksterior bangunan rumah, hiasan di dinding-dinding perkantoran di tiang kantor, pajangan di dinding, peralatan rumah tangga, hingga perangkat kesenian mengambil pola atau motif alam. Motif ukiran biasanya dibuat berbentuk pohon, bunga, dan jenis hewan (burung Enggang).

Lingkungan Suku Dayak di pedalaman hutan Kalimantan itu sendiri merupakan satu karakteristik khas kekayaan budaya bangsa Indonesia yang patut di lestarikan, Apabila tidak Seni ukir khas Dayak Kalimantan Tengah akan terancam terlupakan karena menurunnya minat generasi muda untuk mempelajari seni ukir dengan motif khas daerah sehingga dalam hal ini Peran penting Pemerintah akan sangat membantu mengarahkan masyarakat khususnya generasi muda untuk berkreasi, berkarya dan mandiri.

BACA JUGA:  Artwork Unik Ornamen Relief Batik Timbul
Seni Ukiran Motif Kalimantan Tengah
4.5 (90%) 2 votes

GUDANG ART DESIGN merupakan Produsen dan Pengrajin Kerajinan Kreatif di Indonesia. Produk Kerajinan yang dihasilkan antara lain: Kerajinan Tembaga /Kerajinan Kuningan, Kaca Patri, Aluminium Cor, Ornamen Masjid dan semua produk kreatif berbahan tembaga, kuningan, aluminium dan kaca.

Info & Pemesanan: 081266321414