Istilah kaca patri sendiri dapat merujuk pada kaca berwarna sebagai suatu bahan atau karya-karya yang dibuat. Sepanjang sejarahnya selama seribu tahun, istilah ini telah diterapkan nyaris secara eksklusif pada jendela gereja, masjid, dan bangunan penting lainnya. Meskipun biasanya dibuat dalam rupa panel datar dan digunakan sebagai jendela, berbagai kreasi dari seniman kaca patri modern juga membuatnya sebagai seni pahat dan struktur tiga dimensi.

kaca patri masjid

Kaca berwarna ini dibuat menjadi “jendela kaca patri” di mana potongan-potongan kaca kecil disusun membentuk pola atau gambar, biasanya disatukan dengan bilah-bilah timbal dan disangga dengan sebuah bingkai kaku. Saat ini tempat beribadah seperti masjid menggunakan kaca patri agar dekorasi masjid itu sendiri menjadi lebih baik dan tampak lebih berkelas.

Di zaman modern saat ini, telah banyak alat atau mesin yang dapat memproduksi kaca patri untuk diterapkan di tempat-tempat ibadah. Model dari kaca patri masjid sendiri sangat banyak sekali, dapat dituliskan dengan arab maupun hal-hal yang berbau islami

BACA JUGA:  Mengaplikasikan Lukisan Kaca Patri Tema Fauna Pada Sebuah Bangunan

Kegunaan Kaca Patri Masjid

Kaca patri masjid, sebagai sebuah karya seni dan kerajinan, mensyaratkan adanya keterampilan artistik untuk memahami desain kaca patri yang sesuai dan dapat diterapkan, serta keterampilan teknik untuk merakit potongan kaca tersebut. Sebuah jendela harus dapat dimasukkan dengan pas ke dalam ruang yang tersedia, harus dapat menahan hujan dan angin serta juga khususnya jendela yang besar mampu menahan bebannya sendiri.

Banyak kaca patria atau jendela besar yang bertahan dalam ujian waktu dan secara substansial tetap utuh sejak abad pertengahan akhir. Di Eropa, jendela-jendela tersebut merupakan bentuk seni yang harus terlestarikan dan harus dikembangkan. Dalam konsep ini, tujuan pembuatan kaca patri ialah bukanlah tidak mengizinkan mereka yang berada di dalam gedung untuk melihat ke luar atau bahkan secara khusus untuk menerima cahaya, tetapi lebih kepada mengendalikannya serta menambah daya tarik.

Seni Kaca Patri Masjid

Desain sebuah kaca patri masjid dapat saja berupa kiasan atau abstrak; mungkin saja memadukan berbagai narasi yang diambil dari Bahasa Arab atau bisa juga dari Al-Qur’an, mungkin juga bisa mempresentasikan Arab dari Nabi Muhammad SAW dan bisa juga Allah SWT.

BACA JUGA:  Pengrajin Kaca Patri jendela Minimalis Untuk Hiasan Rumah

Kaca patri masjid dalam bangunan dapat juga tematik, misalnya di dalam masjid (peristiwa-peristiwa para nabi), atau bisa juga di atas dengan kaca patri awan yang indah dan begitu sejuk untuk dilihat.

Kaca patri masih populer sampai sekarang, tetapi sering disebut sebagai kaca seni. Karya ini merupakan hal yang lazim di dalam rumah mewah, bangunan komersial, dan tempat ibadah. Berbagai seniman dan perusahaan dan seniman dikontrak untuk membuat seni yang indah, mulai dari kubah, jendela dll.

Rate this post
GUDANG ART DESIGN merupakan Produsen dan Pengrajin Kerajinan Kreatif di Indonesia. Produk Kerajinan yang dihasilkan antara lain: Kerajinan Tembaga /Kerajinan Kuningan, Kaca Patri, Aluminium Cor, Ornamen Masjid dan semua produk kreatif berbahan tembaga, kuningan, aluminium dan kaca.

Info & Pemesanan: 081266321414