Kaca Patri Gereja Katolik

Motif Kaca Patri Gereja

Definisi Kaca Patri Gereja Katolik

Kaca patri merupakan kaca yang dirakit satu persatu dengan timah atau kuningan yang membentuk sebuah desain yang sangat menarik dan unik dengan sistem patrian. Di butuhkan keahlian dan kerja yang khusus dari pengrajin dalam perakitannya. Hasil kerapian dan keindahan dari perpaduan warna sangat menentukan nilai seni dari kaca itu sendiri. Kaca patri atau stained glass banyak menghiasi rumah ibadah seperti masjid, gedung, rumah pribadi dan bisa menerapkan kaca patri gereja katolik.
Permukaan kaca patri ini tampak seperti dilukis warna-warni, sampai membentuk sebuah motif, seperti bunga, binatang, laut atau tulisan kaligrafi arab. Kalau di cermati dan diteliti warna kaca patri bila diterpa sinar akan tampak lebih terang dan desain tampak nyata, dan juga keindahannya akan tampak pada malam hari dengan pantulan sinar lampu dari dalam bangunan atau rumah.

Cara Membuat Kaca Patri Gereja Katolik

Kaca patri memiliki warna yang beragam dikarenakan penambahan metallic salts selama proses produksi atau pembuatannya. Pertama – tama, kaca perlu ditempa. Kemudian kita perlu memaparkan bahan kimia pada permukaan kaca secara bergantian dengan cara menggosoknya perlahan. Setelah itu, kaca dipanaskan di tempat pembakaran untuk membentuk ikatan warna, sehingga warna yang berasal dari bahan kimia bisa melekat dan menyatu dengan kaca.
Adapun untuk menghasilkan warna tertentu pada kaca patri, dibutuhkan bahan tambahan tertentu pula, misalnya  guna mendapatkan warna hijau, kita bisa menambahkan bahan tembaga oksida (copper oxide) dan untuk mendapatkan warna biru, bahan kobalt bisa dipilih. Kemudian untuk mendapatkan warna merah, biasanya digunakan tambahan logam emas.
Namun mengingat harganya yang mahal, penambahan emas pada kaca patri ini sudah jarang digunakan dan telah diganti dengan logam lain yang bisa menciptakan warna yang sama namun dengan harga yang lebih miring. Dan salah satu bangunan yang menerapkan kaca indah tersebut adalah kaca patri gereja katolik.

Penerapan Kaca Patri Gereja Katolik

Kaca patri gereja katolik atau stained glass merujuk pada kaca yang telah dicampur bahan kimia atau diperlakukan sedemikian rupa melalui proses kimia hingga berubah menjadi warna tertentu yang kita inginkan dan diterapkan di gereja katolik. Dengan begitu, sekarang kita tahu bahwa warna yang terdapat pada kaca patri adalah warna asli yang terdapat pada bahan kaca, bukan kaca yang dicat dengan warna tertentu.

GUDANG ART DESIGN merupakan Produsen dan Pengrajin Kerajinan Kreatif di Indonesia. Produk Kerajinan yang dihasilkan antara lain: Kerajinan Tembaga /Kerajinan Kuningan, Kaca Patri, Aluminium Cor, Ornamen Masjid dan semua produk kreatif berbahan tembaga, kuningan, aluminium dan kaca.

Info & Pemesanan: 081266321414