Search :

"Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan"



BATIK PARANG - Ornamen Pintu Motif Batik Tembaga

Ide Kreatif Motif Batik Parang dari Logam Tembaga Pada Daun Pintu

Ornamen & Motif batik adalah sebuah kerangka gambar pada batik yang berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen sehingga menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. 

motif batik parangMotif batik disebut juga corak batik atau pola batik. Motif batik tersebut dibuat pada bidang-bidang segi tiga, segi empat, dan atau lingkaran. Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, motif kembang dan motif lain. 

Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang contohnya motif batik "Parang". Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang tertua di Indonesia. Kata Parang berasal dari kata Pereng yang artinya  lereng. 

Kegiatan membatik merupakan tradisi turun menurun. Karena itu, sering juga motif batik manjadi ciri khas dari batik yang diproduksi keluarga kerajaan pada zaman dahulu.

Ada beberapa jenis BATIK PARANG  yaitu:
  • Parang Rusak, Motif ini merupakan motif batik yang diciptakan Penembahan Senopati saat bertapa di Pantai Selatan. Motif batik ini terinspirasi dari ombak yang tidak pernah lelah menghantam karang pantai. Motif ini melambangkan manusia yang internal melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan mereka sehingga mereka bijaksana, watak mulia karakter yang akan menang.
  • Parang Barong, Motif ini merupakan motif yang mempunyai ukuran yang lebih besar dari parang rusak, yang diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Motif ini memiliki makna pengendalian diri dalam dinamika usaha yang terus-menerus, kebijaksanaan dalam gerak, dan kehati-hatian dalam bertindak.
  • Parang Klitik,. Motif ini merupakan pola parang dengan stilasi yang halus. ukurannya pun lebih kecil dan juga menggambarkan citra feminim, Motif ini melambangkan kelemah-lembutan, perilaku halus dan bijaksana. Biasanya digunakan oleh para puteri raja.
  • Parang Slobog, Motif ini melambangkan keteguhan, ketelitian dan kesabaran, dan biasanya digunakan dalam upacara pelantikan. Motif ini mempunyai makna harapan agar pemimpin yang dilantik dapat mengemban dan menjalankan tugasnya dengan amanah disertai kebijaksanaan dalam diri.
Review Image : Aplikasi Ornamen Tembaga Motif Batik Di PadiTeras Boutique Hotel Bali



Sumber Artikel : https://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Parang


Artikel Terkait:

Posted on 22.57 by GUDANG ART JOGJA and filed under , , , | 0 Comments »

Recent Posts