"Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan"



3 Masjid Suci dan Masjid Terindah Di Dunia

Masjid Suci - Mesjid Terbesar dan Terindah di Dunia

1. Masjid Al-Haram  Mekkah, Arab Saudi

Masjid Al Haram Mekkah

The Great Mosque of Mecca (Arabic: ٱلْمَسْجِدُ ٱلْحَرَام‎, translit. al-Masjid al-Ḥarām, lit. 'the sacred mosque'‎), also called the Grand Mosque, is the largest mosque in the World, and surrounds Islam's holiest place, the Kaaba, in the city of Makkah (Arabic: مَـكَّـة‎‎, Mecca), Hijaz, Saudi Arabia. 

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang pertama adalah Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) di Kota Mekkah, Arab Saudi. Mesjid Al-Haram memang merupakan masjid yang paling utama dan terbesar di dunia ini. Luas masjid ini sendiri tercatat mencapai 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) yang  meliputi ruang berdoa outdoor dan indoor. Dengan luas sebesar ini, maka masjid ini akan mampu menampung hingga empat juta jamaah selama musim haji, salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima.

Masjid yang terus diperluas areanya untuk bisa menampung jamaah haji lebih banyak ini memang sangat bersejarah. Pasalnya di dalam masjid ini ada Ka’bah yang merupakan arah kiblat sholat bagi seluruh umat muslim di dunia. Masjid ini menjadi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam. Ini karena tempat ini selalu dipenuhi umat Islam yang melakukan ibadah didalamnya, baik itu shalat atau tawaf. Masjid ini juga punya keunikan jika dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya yaitu tidak dipisahkannya antara jamaah pria dan wanita dalam beribadah di Al-Masjid Al-Haram ini.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Mosque_of_Mecca


2. Al-Masjid al-Nabawi, Madinah, Saudi Arabia

Masjid suci Nabawi Madinah

Al-Masjid an-Nabawī (Arabic: ٱلْمَسْجِدُ ٱلنَّبَويّ‎‎; Prophet's Mosque) is a mosque established and originally built by the Islamic prophet Muhammad, situated in the city of Medina in Saudi Arabia.

Masjid terbesar kedua yang ada di Arab Saudi dan di dunia adalah Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini juga memiliki sejarah yang penting bagi umat Islam. Pasalnya masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ini merupakan masjid kedua yang dimiliki umat Islam setelah Masjidil Haram. Selain itu di dalam komplek masjid ini terdapat makam baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi penutup akhir zaman. Setelah ekspansi pada masa pemerintahan al-Walid I, juga sekarang menggabungkan lokasi tempat peristirahatan terakhir dari Muhammad dan para pemimpin Muslim awal Abu Bakar dan Umar bin Khatab.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Masjid_an-Nabawi

3. Masjid Al-Aqsa, Palestina

Masjid Al Aqsa palestina

Al-Aqsa Mosque Arabic: المسجد الاقصى‎‎ Al-Masjid al-‘Aqṣā, also known as Al-Aqsa and Bayt al-Maqdis, is the third holiest site in Islam and is located in the Old City of Jerusalem.

Setelah dari Arab Saudi kita bergeser ke Palestina atau tepatnya di wilayah kota lama Yerusalem. Di daerah ini ada sebuah masjid agung yang menjadi tempat atau situs suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi. Hal ini dikarenakan Masjid yang bisa menampung jamaah hingga 5.000 orang di dalam ruangan ini diyakini sebagai tempat terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra’ Mi’raj sendiri adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dari Masjidil Aqsa ke ke Sidratul Muntaha. Di dalam komplek masjid ini sendiri terdapat Kubah Batu yang juga disebut sebagai al-Haram ash-Sharif atau "Suci Noble Sanctuary".

Situs ini sering juga dikenal sebagai Temple Mount, situs paling suci dalam Yudaisme, tempat di mana Bait Suci Pertama dan Kedua yang berlaku umum untuk memiliki berdiri. Dalam kisah lainnya juga diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah memimpin doa pada masjid ini sampai bulan ke tujuh belas setelah emigrasi, ketika Tuhan memerintahkan dia untuk mengubah arah Ka'bah.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Aqsa_Mosque



Artikel Terkait:

Posted on 23.45 by GUDANG ART JOGJA and filed under , , | 0 Comments »

Recent Posts