"Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan"



Pilar (Usthuwaanah) Tiang Masjid Nabawi Al Madinah

Pilar atau Tiang Masjid Nabawi GudangART - Pembuatan Ornamen pilar atau tiang utama replika masjid Nabawi sesuai dengan nilai sejarah dan jumlah pilar masjid nabawi Setidaknya ada 232 buah pilar atau tiang di Masjid Nabawi. 

Di antara ratusan pilar tersebut, ada beberapa pilar yang mempunyai sejarah dan arti khusus. Meskipun beberapa kali mengalami perluasan –Alhamdulillah-, tempat-tempat tiang-tiang ini tetap terjaga. Sekarang, tiang-tiang itu diberi tanda untuk dikenali para peziarah.

Pada masa Rasulullah ﷺ, tiang-tiang Masjid Nabawi terbuat dari pohon kurma. Pilar-pilar tersebut terletak di Raudhah Syarifah yang luasnya 144 m2. Berikut ini adalah nama-nama tiang masjid (usthuwaanah) yang berada di dalam Raudhah Masjid Nabawi Al Madinah :

Desain ornamen pilar masjid nabawi
Desain Replika PILAR Masjid Nabawi

1.Al-Usthuwaanah al-Mukhalqah
TIANG MUKHALLAQAH: Jabir RA  meriwayatkan seperti disebutkan dalam hadits Buhari, “Nabi SAW bersandar pada sebatang pohon kurma (yang awalnya terletak pada tempat dimana tiang ini berada) ketika melakukan khutbah  Jumat,  kaum Ansar dengan hormat menawarkan pada Nabi SAW, kami dapat membuat sebuah mimbar untukmu, jika engkau menyetujuinya”.
Nabi SAW menyetujuinya dan sebuah mimbar yang terdiri dari 3 anak tangga dibangun. Ketika Nabi SAW duduk di atas mimbar ini untuk berkhutbah, para Sahabat mendengar batang pohon kurma itu menangis seperti anak kecil. Nabi SAW mendekati pohon yang sedang menangis ini dan kemudian memeluknya. Pohon ini lalu tenang setelah sebelumnya terisak-isak seperti onta betina. Pohon kurma tersebut menangis karena ia tidak digunakan lagi untuk mengingat Allah SWT. Sejak itu batang pohon tersebut diberi sejenis pewangi yang disebut Khaluq. Dan kemudian, tiang dimana pohon kurma itu dulu berada, dikenal dengan sebutan tiang Mukhallaqah.

2. Al-Usthuwaanah al-Qur’ah atau Usthuwaanah Aisyah
3. Usthuwaanah At-Taubah/Usthuwaanah Abu Lubabah
4. Usthuwaanah As-Sarir
5. Usthuwaanah Al-Haras
6. Usthuwaanah al-Wufud

Banyak orang yang mengunjungi masjid Nabi tidak menyadari pilar ini atau tidak mengetahui latar belakang sejarahnya. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan gambaran tentang letak dan latar belakang sejarah tiang-tiang tersebut. Dan jika Anda ditakdirkan berkunjung ke Masjid Rasulullah ﷺ, Anda akan lebih meresapi jejak-jejak Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya.


Artikel Terkait:

Posted on 01.53 by GUDANG ART JOGJA and filed under , , , | 0 Comments »

Gudang Art Since 1999