"Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan"



Material Logam Tembaga Dan Panduannya

Bahan pembelajaran & panduan mengenal logam tembaga, Tembaga merupakan logam setelah baja yang banyak digunakan sejak dahulu kala di jadikan berbagai macam bentuk kerajinan dan keperluan rumah tangga serta industri. mengapa demikinan? sebab Tembaga memiliki kemampuan  yang baik, daya tahan korosi, konduktor listrik dan panas yang tinggi. Tembaga banyak digunakan bidang seni kerajinan, dan sebagai material penghantar listrik/kawat listrik. Tembaga memilik daya tahan korosi yang baik di dalam air, dalam tanah maupun dalam air laut, hal ini disebabkan adanya lapisan oksida yang melapisi permukaannya.

Material logam tembaga dalam bentuk lembaran

Tembaga memiliki kekuatan tarik menengah dan dapat ditingkatkan dengan memadu seng atau timah menjadi brass(kuningan) dan bronze(perunggu)

Karakteristik Tembaga berdasarkan sifatnya:
-Struktur kristal
-Densitas pada 20°C
-Titik cair (°C)
-Koefisien mulur panas kawat 20°~100°C (10-6/K)
-Konduktifitas panas 20°~400°C
-Tahanan listrik 20°C
-Modulus elastisitas (GPa)
-Modulus kekakuan (GPa)

Tembaga murni (Unalloyed copper) serta kode penamaan
  • Tembaga murni atau tembaga tak berpaduan merupakan suatu material teknik yang penting karena memiliki konduktifitas listrik yang tinggi, sehingga banyak digunakan di industri listrik.
  • Tembaga Electrolytic tough-pitch (ETP) adalah tembaga yang tidak terlalu mahal dan digunakan untuk memproduksi kawat, batang, plat dan plat tipis. Tembaga ETP adalah tembaga yang telah dimurnikan kandungan besi sulfidanya dalam dapur pemurnian.
  • Tembaga ETP mengandung oksigen sekitar 0.04% dalam bentuk Cu2O saat dicor. Oksigen bukan merupakan ketidakmurnian yang penting namun bila dipanaskan di atas 400°C dalam atmosfir hydrogen maka hydrogen akan menyusup ke tembaga bereaksi membentuk tembaga dan uap air.


Artikel Terkait:

Posted on 02.59 by GUDANG ART JOGJA and filed under , | 0 Comments »

Gudang Art Since 1999