"Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan"



Muqarnas Masjid Seni Arsitektur Islam

Muqarnas
Hiasan muqarnas masjid sering disebut mocarabes (bahasa Arab: مقرنص) dan juga karena bentuknya seperti potongan-potongan batu stalaktit, batu kapur yang terbentuk oleh tetesan air selama ratusan bahkan ribuan tahun di bagian atas gua-gua.dan merupakan ornamen arsitektur islam yang dikembangkan di sekitar pertengahan abad ke-10 di wilayah timur laut Persia dan tampaknya juga di wilayah tengah Afrika Utara secara mandiri pada masa yang hampir bersamaan.

Hiasan Dekorasi Islam :
Dekorasi merupakan bagian dari seni seperti pula arsitektur, terkait langsung pada jaman dan budaya suatu masyarakat. Dalam hal hiasan pada masjid tidak lepas dari hukum Islam tertuang dalam hadits dan Al-Quran khususnya yang berkaitan dengan seni.

Corak geometris Islami :
Yang dimaksud bentuk geometris adalah sebuah garis, bidang, lengkung, segitiga, hingga segi banyak dan lain-lain ada dalam ilmu ukur, bagian-bagiannya termasuk sudut dan luasannya dapat diukur. Dalam bangunan untuk ibadah islam, prinsip geometris diterapkan secara fleksibel, fungsinya lebih banyak sebagai pengarah dan hiasan.
Penggunaan baku dekorasi geometris dipakai untuk memecahkan masalah komponen dua dimensional, pola, bentuk, garis besar untuk hiasan bidang, kubah, pelengkung, dan system pelengkung muqarnas. Selain itu pola geometris dua dimensional sangat disukai. Hiasan dua dimensional ini dibentuk oleh garis-garis atau bidang-bidang datar warna-warni dari bermacam bahan menjadi pola seperti bintang, rumit dan ramai oleh karena itu sering disebut intricate.

Pengulangan secara terus menerus dari pola dekorasi geometris, menjadi ukran dasar menyatu dengan ukuran-ukuran bagian masjid lainnya termasuk struktur dan konstruksi
kriteria sebagai pembatas objek, yaitu kemegahan bangunan yang dilihat dari besar dan bentuk bangunan, keindahan atau keunikan detail ornamen hias, keindahan atau keunikan lingkungan sekitar, keindahan tampilan visual masjid secara keseluruhan.

Negara Indonesia tercatat sebagai mayoritas berpenduduk muslim, yang memiliki lebih dari 800.000 bangunan masjid. Ada beberapa diantaranya menjadi bangunan yang istimewa. Istimewa karena keberadaannya yang mampu menjawab akan kebutuhan umat muslim akan rasa indah dan sejuk sehingga membawa fungsi masjid melebihi dari hanya sekedar tempat ibadah.


Artikel Terkait:

Posted on 00.58 by GUDANG ART JOGJA and filed under , , | 0 Comments »

Gudang Art Since 1999