"Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan"



Motif Tiang - Desain Pilar Masjid Vector

ornamen pilar dan tiang masjidMotif tiang atau pilar masjid GudangART - Tiang / Pilar bermotif islami yang biasa digunakan dalam strukturt bangunan masjid, merupakan seni hias ornamentik bangsa Arab dengan bentuk stilasi dari tumbuh-tumbuhan (Flora) yang dibuat melingkar-lingkar dan meliuk-liuk mengikuti pola ornamen. Pola tersebut kemudian dikenal dengan nama hiasan "Arabesk Flora" .
Desain Tiang dan Motif Pilar Masjid 
Ada pula seni hias tiang/pilar geometris yang memberikan nilai seni tinggi pada tiang atau pilar bangunan masjid dengan Pola Geometris dalam desain arsitektur/interior berhubungan dengan properti tentang garis, permukaan dan bentuk yang diatur dalam ruang Penerapan geometri dalam elemen hias tiang/pilar masjid antara lain berwujud dua dimensi yang berupa patra pada permukaan tiang/pilar dengan berbagai pola. Pola segi delapan (octagon) dan bentuk bintang (star shapes) biasa digunakan pada abad awal Islam berkembang.
Kemudian muncul penggunaan bentuk dasar lingkaran yang dibagi menjadi delapan sudut, bentuk ini sebanding dengan bila kita memutar45º salah satu dari dua bujursangkar serupa yang berseberangan. Hingga saat ini, bentuk-bentuk geometris tersebut mengalami modifikasi sebagai hasil kreatifitas para desainer dan arsitektur islam.


Artikel Terkait:

Posted on 03.38 by GUDANG ART JOGJA and filed under , , , | 0 Comments »

Gudang Art Since 1999