Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan

Ornamen Islam, Seni Ornamen Islam Indonesia

Perkembangan ornamen dalam dunia islam sangat berkembang pesat, Atas pertimbangan estetika atau keindahan inilah  mendorong manusia untuk menambahkan sedemikian rupa hiasan-hiasan pada benda-benda dibuatnya, misalnya gambar atau ukiran pada tiang bangunan masjid, pintu masjid, pagar masjid, mimbar masjid, hiasan dinding masjid dan sebagainya. 
Ornamen  sangat beragam mulai seni tembaga, kuningan, kayu, besi, dan  sebagainya, Hiasan-hiasan pada benda-benda tersebut dikenal dengan istilah ORNAMEN.
Arti  ornamen berasal dari bahasa latin “ornare”, berarti menghiasi, dalam artian, sesuatu dari asal mulanya kosong terisi hiasan sehingga menjadi tidak kosong. Berdasar pada pengertian ini dapat dikatakan bahwa, segala sesuatu, baik  dibuat berupa coretan, goresan, pewarnaan, ukiran, dan  sebagainya dengan tujuan untuk menambah keindahan akan konsep religius disebut ornamen islami.

Ornamen sangat mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ornamen pada, benda-benda penunjang decoratif. Keberadaan ornamen telah ada sejak jaman prasejarah dan sampai sekarang masih dibutuhkan kehadirannya sebagai alat untuk memuaskan kebutuhan manusia akan rasa keindahan.




Artikel Terkait:

Posted on 18.37 by PURWO SUPRIYATNO and filed under | 0 Comments »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...