$show=home

SPESIALIS KERAJINAN, GALLERY & PRODUKSI KERAJINAN KREATIF INDONESIA

Kerajinan Tembaga, Kerajinan Kuningan dan Kerajinan Kaca Patri

Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan

Tips dan Cara Mudah Membuat Aquarium Kaca

Dalam membuat aquarium kaca sangat bergantung pada desain yang akan buat. Bentuk aquarium yang biasa kita lihat biasanya dalam bentuk aquar...


Dalam membuat aquarium kaca sangat bergantung pada desain yang akan buat. Bentuk aquarium yang biasa kita lihat biasanya dalam bentuk aquarium segiempat, aquarium trapesium, akuarium segi-delapan, akuarium segi-enam, aquarium botol dan aquarium ellips.

Setelah merencanakan bentuk aquarium kaca yang akan dibuat, langkah selanjutnya menentukan ukuran kaca yang akan dipergunakan untuk membuat aquarium. Ukuran kaca yang akan digunakan biasanya berkisar antara 3 mm – 16 mm. Sebagai acuan dalam membuat aquarium, anda bisa lihat daftar ukuran kaca yang akan digunakan dalam pembuatan aquarium dibawah ini :
  • Tebal kaca (mm) 3, Panjang aquarium (cm) 30, Lebar aquarium (cm) 20, Tinggi aquarium (cm) 20
  • Tebal kaca (mm) 3, Panjang aquarium (cm) 30, Lebar aquarium (cm) 20, Tinggi aquarium (cm) 20
  • Tebal kaca (mm) 3, Panjang aquarium (cm) 40, Lebar aquarium (cm) 20, Tinggi aquarium (cm) 30
  • Tebal kaca (mm) 5, Panjang aquarium (cm) 50, Lebar aquarium (cm) 30, Tinggi aquarium (cm) 30
  • Tebal kaca (mm) 5, Panjang aquarium (cm) 70, Lebar aquarium (cm) 35, Tinggi aquarium (cm) 35
  • Tebal kaca (mm) 5, Panjang aquarium (cm) 80, Lebar aquarium (cm) 40, Tinggi aquarium (cm) 40

Atau anda bisa menyesuaikan selera tabel diatas hanya sebagai panduan anda dalam menentukan ukuran kaca, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga di sesuaikan kondisi di ruang rumah anda. Untuk kaca yang akan digunakan sebagai dasar pada aquarium sebaiknya ketebalannya ditambah 0,5–1 mm,. Setelah menentukan bentuk dan ukuran kaca yang akan dipergunakan untuk membuat aquarium maka langkah selanjutnya adalah memotong kaca. Kaca yang dipergunakan untuk membuat aquarium masih dalam bentuk lembaran kaca.

Proses Perakitan Aquarium
Dalam membuat aquarium, ada beberapa hal yang harus dikuasai agar akuarium yang dibuat tidak bocor dan tahan lama, yaitu dengan; merancang/mendesain akuarium, memotong kaca, merakit aquarium dan melakukan uji coba terhadap aquarium tersebut.

Alat dan bahan : 
  • Kaca Sebagai bahan dalam pembuatan.
  • Penjepit kertas sebagai alat untuk menjepit antara potongan kaca yang kecil
  • Pemotong kaca sebagai alat pemotong kaca
  • Lem kaca / Sealant, ini merupakan lem khusus kaca  agar kaca daat melekat dengan baik dan tidak bocor.
  • Alat tembak lem silicon, berfungsi untuk memudahkan pembuat aquarium dalam merakit aquarium.
  • Lakban, yang digunakan dalam merakit aquarium sebaiknya lakban plastik yang berwarna coklat atau hitam. Lakban ini berfungsi untuk membantu berdirinya kaca dengan kaca lainnya agar tidak bergeser yang memudahkan dalam pemberian lem kaca.
Ada beberapa dalam memotong kaca antara lain adalah : 
  • Letakkan lembaran kaca pada meja kerja, meja kerja harus dalam keadaan datar dan bersih. Hal ini untuk menghindari terjadinya keretakan kaca yang akan dipergunakan.
  • Ukuran kaca yang akan dipotong ini disesuaikan dengan bentuk akuarium yang akan dibuat. Dalam membuat potongan-potongan kaca, lembaran kaca dibuat polanya terlebih dahulu dengan menggunakan spidol dan penggaris besi. Pola yang sudah dibentuk dapat langsung dipotong.
  • Untuk memotong kaca gunakan alat pemotong kaca baik dan tajam 
  • Setelah kaca terpotong, bagian pinggir dari potongan-potongan kaca harus dihaluskan dengan gerinda atau batu asahan karborondum.
Kaca yang akan dirakit menjadi aquarium ini sudah dalam bentuk potongan-potongan kaca yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran aquarium yang akan dibuat. Sebelum dirakit kaca-kaca tersebut sebaiknya dilakukan penggosokan dengan menggunakan batu asahan karborundum atau gerinda, hal ini bertujuan agar akuarium yang dibuat tidak berbahaya bagi pemakainya. Kaca-kaca yang telah dihaluskan seluruh bagian pinggirnya dengan gerinda ini telah siap untuk dirakit.

Tahap Pembuatan Aquarium Kaca :
  • Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
  • Memotong lembaran kaca sesuai dengan keingingan. Gosok tepi-tepi potongan kaca tersebut dengan batu asahan atau gurinda untuk menghaluskan pinggiran kaca yang tajam.
  • Menghaluskan ujung kaca dengan cara potongan kaca. Selanjutnya permukaan kaca tersebut, terutama bidang permukaan yang akan direkat dibersihkan dari berbagai kotoran.
  • Menempelkan lem kaca (lem silicon) pada bidang pertemuan potongan kaca.lem kaca.
  • Bila lem sudah terpasang dengan baik kaca bagian sisi kecil bias diasang.
  • Kedua sisi lainnya selanjutnya bisa dipasang.
  • Setelah semua kaca menempel, jaga posisi mereka dengan menggunakan "Lakband". Biarkan dalam kondisi demikian hingga lem mengering
  • Setelah bagian dalam sambungan antar kaca perlu dilapisi dengan lem, untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran akibat perekatan yang tidak sempurna sebelumnya. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar hasil akhirnya rapi tetapi kuat.
Bila diperlukan, bagian dalam dan atas kaca bisa diperkuat dengan potongan kaca sedemikian rupa. Kaca penguat ini bisa juga berfungsi sebagai dekorasi
Pada saat menempelkan lem silicon ke kaca sebaiknya ketebalan lem pada seluruh permukaan kaca sama. Hal ini akan membuat ketebalan lem sama pada setiap sudut . Setelah seluruh kaca terakit menjadi aquarium, langkah selanjutnya adalah mengeringkan aquarium tersebut minimal selama 24 jam agar lem silikon tersebut benar-benar kering.
Langkah terakhir dalam merakit aquarium adalah melakukan uji coba terhadap aquarium tersebut. Ujicoba tersebut dilakukan dengan mengisi air ke dalam akuarium selama 24 jam dan perhatikan apakah ada bagian yang bocor.
Nah setelah semua tahap telah di lalui sekarang kita bisa menentukan pilihan ikan hias yang pantas untuk menghiasi ruang rumah anda.  Selamat Mencoba.. !!

Gudang Art Design selalu menggunakan desain original.

Pastikan Anda mendapatkan produk Original Gudang Art design dengan melakukan pemesanan di official website Gudang Art Design

Nama

Aksesories,53,Artwork,44,Bangun Rumah,49,Bathtubs,1,Berita,59,Cermin Hias,11,Company Profile,1,Copper Bowl,1,Cor Logam,48,Dekoratif Interior,105,Desain Kaca Patri - Stained Glass,47,Desain Vector,17,Eksterior,5,Feng Shui,6,Furniture Etnik,7,Furniture Minimalis,2,Garuda Tembaga | Kuningan,2,Gebyok Jati,6,Gong,1,Handle Antik,1,Harga Kaca Patri,18,Harga Kaca Tempered,9,Info Usaha,5,Jasa Pembuatan Website,9,Jendela | Kusen | Pintu,73,Jual Kaca Tempered,9,Kaca Grafir - Etc,4,Kaca Grafir 3D,1,Kaca Inlay | Inlay Glass,11,Kaca Melton,2,Kaca Patri,169,Kaca Patri Gereja,1,Kaca Patri Religius,65,Kaca Tempered,14,Kaca Tempered Kamar Mandi,7,Kerajinan Aluminium,38,Kerajinan Kaligrafi,33,Kerajinan Souvenir,5,Kerajinan Tembaga dan Kuningan,255,Kesehatan,4,Komputer,2,Kubah | Dome,36,Lampu Antik,14,Lampu Berdiri,2,lampu dinding,2,Lampu Gantung,79,Lampu Hias,22,Lampu Masjid,20,Lampu Meja,4,Lampu Meja Makan,1,Lampu Taman,7,Lampu Unik,26,Letter Timbul,1,Logo Tembaga | Kuningan,8,Lonceng Kuningan,2,Masjid,85,Mimbar Masjid,4,Mustaka Masjid,12,Ornamen Islami,30,Pagar,13,Patung,2,Pilar Masjid,4,Pintu Kaca Tempered,9,Pintu Masjid,43,Project List,1,Railing Kaca Tempered,1,Railing Tangga,6,Relief,18,Renungan Islam,11,Sandblasting,4,Tips,14,Tralis,16,Video,3,Wastafel,4,Wayang,1,
ltr
item
Pusat Kerajinan Tembaga, Kuningan, Kaca Patri, Inlay dan Alumunium Gudang Art: Tips dan Cara Mudah Membuat Aquarium Kaca
Tips dan Cara Mudah Membuat Aquarium Kaca
http://2.bp.blogspot.com/-ZG9bW1ZdHl0/TnzfTcXQRrI/AAAAAAAACOw/dyZHU-WPakQ/s320/Aquarium.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ZG9bW1ZdHl0/TnzfTcXQRrI/AAAAAAAACOw/dyZHU-WPakQ/s72-c/Aquarium.jpg
Pusat Kerajinan Tembaga, Kuningan, Kaca Patri, Inlay dan Alumunium Gudang Art
http://www.gudangart.com/2011/09/tahap-dan-cara-membuat-aquarium-kaca-di.html
http://www.gudangart.com/
http://www.gudangart.com/
http://www.gudangart.com/2011/09/tahap-dan-cara-membuat-aquarium-kaca-di.html
true
3850993930153341509
UTF-8
Loaded All Posts Tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home Halaman Pos Lihat Semua Rekomendasi untuk Anda Label Arsip Cari Semua Postingan Tidak di temukan! Kembali ke Halaman Depan Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy