$show=home

SPESIALIS KERAJINAN, GALLERY & PRODUKSI KERAJINAN KREATIF INDONESIA

Kerajinan Tembaga, Kerajinan Kuningan dan Kerajinan Kaca Patri

Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan

Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Rumah

Dalam suatu proyek Pembangunan Rumah atau Tempat Tinggal , pemilik bangunan umumnya menghendaki pengeluaran biaya yang sehemat mungkin, te...


Dalam suatu proyek Pembangunan Rumah atau Tempat Tinggal, pemilik bangunan umumnya menghendaki pengeluaran biaya yang sehemat mungkin, tetapi dapat memperoleh rumah tinggal dengan kualitas tinggi dan sesuai yang di harapkan. Biaya atau dana berperan sangat penting dalam suatu proyek pembangunan rumah.
Dengan penyusunan perhitungan suatu rancangan bangunan biasanya dilakukan 2 (dua) tahapan yaitu :
  • Estimasi Biaya Kasar,yaitu penaksiran biaya secara global dan menyeluruh yang dilakukan sebelum rancangan bangunan dibuat.
  • Perhitungan Anggaran Biaya, yaitu penghitungan biaya secara detail dan terinci disesuaikan dengan perencanaan yang ada.
Tahapan Estimasi Biaya
Penaksiran anggaran biaya yang dilakukan adalah melakukan proses perhitungan volume bangunan yang akan dibuat, harga  satuan standar dari tipe bangunan dan kualitas finishing bangunan yang akan dikerjakan.
Karena taksiran dibuat sebelum dimulainya rancangan bangunan, maka jumlah biaya yang diperoleh adalah taksiran kasar biaya bukan biaya sebenarnya atau actual, sebagai contoh:
  • Jenis bangunan dengan standar bangunan kelas A, maka harga satuan standarnya adalah @ Rp 1.500.000,-/m2, Luas bangunan 100 m2, maka asumsi biaya yang dibuat adalah : luas bangunan dikalikan dengan harga satuan standar, yaitu: 100 x @Rp 1.500.000,-/m2 = Rp 150.000.000,-
Tahapan Perhitungan Anggaran Biaya
Perhitungan anggaran terperinci dilakukan dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan, agar nilai bangunan dapat dipertanggung jawabkan  secara benar dan optimal. Cara penghitungan yang benar adalah dengan menyusun semua komponen pekerjaan mulai dari tahapan awal pembangunan (Pekerjaan persiapan) sampai dengan tahapan penyelesaian pekerjaan (Pekerjaan Finishing), contoh:
  • Pekerjaan Persiapan terdiri dari: pembersihan lahan, cut and fill, pagar pengaman, mobilisasi dan demobilisasi.
  • Pekerjaan Sipil, terdiri dari pondasi, sloof, kolom, dinding dan rangka penutup atap.
  • Pekerjaan finishing, terdiri dari lantai, dinding, plafond dan penutup atap.
  • Pekerjaan Instalasi Mekanikal, Elektrikan dan Plumbing, terdiri dari jaringan listrik, telepon, tata suara, tata udara, air bersih dan air kotor.
  • Pekerjan luar/halaman, terdiri dari perkerasan jalan, jalan setapak, pagar halaman dan taman.
Cara penghitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) setiap item pekerjaan tersebut di atas biasanya dibuat berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan, misalnya :
  1. Komponen beton, cara penghitungannya dilakukan dengan membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3), dikalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan material per m3 @ Rp m3)
  2. Komponen material lantai, dinding dan plafond dilakukan dengan menghitung luasan area yang ada (m2) dikalikan dengan harga satuan per m2 yang disusun berdasarkan analisa penggunaan bahan per m2 ( @ Rp/m2)
  3. Komponen material pekerjaan finishing seperti tali air, talang air, jaringan pipa dan pengkabelan dilakukan dengan menghitung panjang bahan yang dipakai (m1) dikalikan dengan harga satuan material perm1 (@ Rp/m1)
  4. Komponen material besar seperti daun pintu, jendela dan peralatan dilakukan dengan menghitung jumlah material yang dipakai (unit) dikalikan dengan harga satuan material per-unitnya (@ Rp/unit), bisa juga dengan perhitungan volume secara detail, yaitu : kusen (m3), daun pintu (m2), kaca (m2), daun jendela (m2), material lainnya (bh). termasuk finishing.
  5. Komponen material yang sulit dihitung tetapi harus dikerjaan dilakukan dengan menentukan status lumpsum (ls), artinya untuk pekerjaan itu nilai besaran ditentukan berdasarkan cakupan pekerjaan harus dikerjakan sesuai dengan yang dikekendaki oleh perancang, biasanya komponen ini tidak ada harga satuannya tetapi langsung menyebutkan nilai total dari komponen pekerjaan tersebut
  6. Usahakanlah untuk menghitung secara detail karena akan lebih akurat dan cenderung hemat.
Penghitungan  Recana Anggaran Biaya pada umumnya dibuat berdasarkan 5 hal pokok, yaitu:
  1. Taksiran biaya bahan-bahan, Harga bahan-bahan yang dipakai biasanya harga bahan-bahan di tempat pekerjaan, jadi sudah termasuk biaya transportasi atau angkutan, biaya bongkar muat.
  2. Taksiran biaya pekerja. Biaya pekerja sangat dipengaruhi oleh: panjangnya jam kerja, keadaan tempat pekerjaan, ketrampilan dan keahlian pekerja yang bersangkutan terutama dalam hal upah pekerja.
  3. Taksiran biaya peralatan, Biaya peralatan yang diperlukan untuk suatu jenis konstruksi haruslah termasuk didalamnya biaya pembuatan bangunan-bangunan sementara (bedeng), mesin-mesin, dan alat-alat tangan.
  4. Taksiran biaya tak terduga atau overhead cost, Biaya tak terduga biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu: biaya tak terduga umum dan biaya tak terduga proyek.
  5. Taksiran Keuntungan atau Profit, Biaya keuntungan untuk pemborong atau kontraktor dinyatakan dengan prosentase dari jumlah biaya total yang berkisar antara 8-15%.  
Penjelasan diatas adalah sedikit dari Cara Perhitungan Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Rumah, Semoga info ini bisa bermanfaat ....!!!

Info Bangun Rumah

Gudang Art Design selalu menggunakan desain original.

Pastikan Anda mendapatkan produk Original Gudang Art design dengan melakukan pemesanan di official website Gudang Art Design

Nama

Aksesories,53,Artwork,44,Bangun Rumah,49,Bathtubs,1,Berita,59,Cermin Hias,11,Company Profile,1,Copper Bowl,1,Cor Logam,48,Dekoratif Interior,105,Desain Kaca Patri - Stained Glass,47,Desain Vector,17,Eksterior,5,Feng Shui,6,Furniture Etnik,7,Furniture Minimalis,2,Garuda Tembaga | Kuningan,2,Gebyok Jati,6,Gong,1,Handle Antik,1,Harga Kaca Patri,18,Harga Kaca Tempered,9,Info Usaha,5,Jasa Pembuatan Website,9,Jendela | Kusen | Pintu,73,Jual Kaca Tempered,9,Kaca Grafir - Etc,4,Kaca Grafir 3D,1,Kaca Inlay | Inlay Glass,11,Kaca Melton,2,Kaca Patri,169,Kaca Patri Gereja,1,Kaca Patri Religius,65,Kaca Tempered,14,Kaca Tempered Kamar Mandi,7,Kerajinan Aluminium,38,Kerajinan Kaligrafi,33,Kerajinan Souvenir,5,Kerajinan Tembaga dan Kuningan,255,Kesehatan,4,Komputer,2,Kubah | Dome,36,Lampu Antik,14,Lampu Berdiri,2,lampu dinding,2,Lampu Gantung,79,Lampu Hias,22,Lampu Masjid,20,Lampu Meja,4,Lampu Meja Makan,1,Lampu Taman,7,Lampu Unik,26,Letter Timbul,1,Logo Tembaga | Kuningan,8,Lonceng Kuningan,2,Masjid,85,Mimbar Masjid,4,Mustaka Masjid,12,Ornamen Islami,30,Pagar,13,Patung,2,Pilar Masjid,4,Pintu Kaca Tempered,9,Pintu Masjid,43,Project List,1,Railing Kaca Tempered,1,Railing Tangga,6,Relief,18,Renungan Islam,11,Sandblasting,4,Tips,14,Tralis,16,Video,3,Wastafel,4,Wayang,1,
ltr
item
Pusat Kerajinan Tembaga, Kuningan, Kaca Patri, Inlay dan Alumunium Gudang Art: Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Rumah
Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Rumah
https://lh3.googleusercontent.com/-Dv4Ffwfkwzg/TYjnJj7Q8HI/AAAAAAAABxE/WR4rHqQtah0/s320/Rencana+Anggaran+Biaya.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-Dv4Ffwfkwzg/TYjnJj7Q8HI/AAAAAAAABxE/WR4rHqQtah0/s72-c/Rencana+Anggaran+Biaya.jpg
Pusat Kerajinan Tembaga, Kuningan, Kaca Patri, Inlay dan Alumunium Gudang Art
http://www.gudangart.com/2011/03/perhitungan-rencana-anggaran-biaya-rab.html
http://www.gudangart.com/
http://www.gudangart.com/
http://www.gudangart.com/2011/03/perhitungan-rencana-anggaran-biaya-rab.html
true
3850993930153341509
UTF-8
Loaded All Posts Tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Home Halaman Pos Lihat Semua Rekomendasi untuk Anda Label Arsip Cari Semua Postingan Tidak di temukan! Kembali ke Halaman Depan Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy