Menjual Kualitas Membangun Kepercayaan

Desain Kaca Patri Gereja


Desain Kaca Patri Gereja sangat beragam  tergantung dari tema dan gaya arsitektur bangunan gerejanya, ada beberapa bentuk desain kaca patri dan motif kaca patri gereja yang di kenal antara lain Bunda Maria, Yesus di Salib, Jalan Salib, Penginjil, Alkitab, Burung Merpati, Perjamuan, Yesus Naik ke Surga, Pembabtisan, Gothic dan lain sebagainya.

Ditinjau dari sejarahnya, Seni kaca patri merupakan ornamen arsitektur yang berasal dari Eropa. Penggunaan kaca warna pada jendela terutama untuk rumah ibadah pada bangunan gereja, dimulai pada pertengahan abad ke-12. Pada zaman Gotik inilah, seni kaca patri ini berada pada puncak kejayaannya. Jauh sebelumnya, teknik pewarnaan pada kaca sudah dikenal di Mesir dan Mesopotamia pada milenium ketiga sebelum masehi. Yang kemudian berkembang pada masa Romawi.

Memang kaca patri sejak diciptakan telah mempesona dan terbukti memberi keindahan. Demikian pula kaca patri di setiap rumah ibadah menimbulkan perasaan yang khusyuk, damai  kepada umatnya. Kedamaian dan keindahan ini juga diterapkan oleh para desainer di setiap lokasi yang mereka perlukan. Maka seni kaca patri hingga saat ini tidak pernah.pudar, malahan selalu dapat  disesuaikan dengan gaya desain arsitektur yang sedang trendy pada saat itu.
Contohnya Gereja St Paulus di Bandung yang dibangun tahun 1919 hasil rancangan arsitek Belanda C.P. Schoemaker juga memanfaatkan keindahan kaca patri. Lukisan Yesus dan Bunda Maria dalam paduan warna-warna indah memberi kesan lebih religius yang khusyuk dalam gereja. Selain itu penggunaan kaca patri secara besar-besaran digunakan di aula barat dan timur Technische Hoogeschool Bandoeng (sekarang Institut Teknologi Bandung). Itu merupakan hasil rancangan Ir Mclaine Pont. Ia sengaja menggunakan warna kaca yang putih bersih. Dengan alasan supaya sinar matahari dari luar bisa masuk. Sehingga ruangan menjadi lebih terang tanpa terasa panas dan silau. Demikian pula dengan bangunan hotel Savoy Homann yang pada waktu renovasi 1939 dirancang oleh A.F. Aalbers juga menggunakan ornamen kaca patri.

Gudang Art Design


Artikel Terkait:

Posted on 23.04 by Purwo Supriyatno and filed under | 0 Comments »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...